BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

Rintisan Desa In-Matra

PENGEMBANGAN RINTISAN DESA INOVATIF MENUJU DESA MATRA (RINTISAN DESA IN-MATRA) KABUPATEN SEMARANG

Pembangunan daerah dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh secara kewilayahan yang mencakup wilayah perdesaan dan perkotaan. Keterpaduan pelaksanaan pembangunan juga mencakup pada semua aspek pembangunan baik urusan yang menjadi kewenangan daerah maupun urusan pemerintah provinsi dan pemerintah. Dalam pelaksanaannya selama ini pembangunan perdesaan  mengalami sedikit ketertinggalan dari pada perkotaan yang disebabkan oleh potensi sumber daya manusia, potensi wilayah dan permodalan yang dimiliki oleh Desa. Hal ini juga menyebabkan meningkatnya angka urbanisasi, berkurangnya para pekerja muda yang menerjuni dunia pertanian dan terjadinya kesenjangan antara perdesaan dan perkotaan. Pembangunan desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional.

 

Untuk mewujudkan pemerataan pembangunan antar wilayah di Kabupaten Semarang 2010-2015, maka dalam perencanaan pembangunan perdesaan dan perkotaan dirumuskan dengan semangat “Mbangun Deso Nota Kutho”.

 

Sedangkan keterpaduan pembangunan antar urusan dilaksanakan dalam rangka :

1. Penanggulangan Kemiskinan (pro poor)
2. Menciptakan dan memperluas lapangan kerja (pro job)
3. Memacu pertumbuhan ekonomi (pro growth)
4. Mendukung kelestarian lingkungan (pro environment)
5. Mendukung pelayanan prima (pro public service)

Untuk mendukung keterpaduan tersebut telah banyak program dan kegiatan yang mengarah kesana antara lain ,sejak jaman pemerintahan orde baru sampai sekarang sudah cukup banyak bantuan dan fasilitasi terhadap pembangunan yang ada di desa antara lain, Program Bantuan Desa (Bandes) yang berganti nama menjadi Dana Pembangunan Desa Kelurahan (DPD/K), dan berubah lagi menjadi Dana Alokasi Umum Desa. Program lain baik dari pusat maupun Daerah seperti Kredit Bimas, KUT, PDMDKE, UED-SP, IDT, PPK, KUB, P3DT, PMTAS, PPIP, PNPM Mandiri Pedesaan, Pansimas, LKD, LUEP, TMMD, BPS, LPMD, Bantuan bidang kesehatan, Bidang Sosial, yang kesemuanya fokusnya adalah desa.

Sedangkan untuk lebih meningkatkan keterpaduan tersebut Bupati Semarang memiliki kebijakan untuk menfokuskan pembangunan desa yang dititik beratkan pada desa tertentu untuk digarap oleh semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada yang dengan istilah “Pengembangan Rintisan Desa Inovatif Menuju Desa Mandiri Tertib dan Sejahtera” (Rintisan Desa IN-MATRA).

 

Dokumen yang dapat diunduh:

  1. Presentasi In-Matra
  2. Rekap Capaian Indikator In-Matra
  3. Peta In-Matra