BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

GABUNGAN FORUM PD TAHUN 2018

 

IMG-20180301-WA0012

Pada tanggal 28 Februari 2018 Barenlitbangda Kabupaten Semarang telah menyelenggarakan Gabungan Forum Perangkat Daerah (Forum PD) Tahun 2018 dalam rangka penyelarasan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) dengan Tema, Prioritas dan Arah Kebijakan RKPD Tahun 2019.

Selain itu, penyelenggaraan Gabungan Forum PD ini juga difungsikan sebagai wadah diskusi/musyawarah antar pelaku pembangunan guna membahas pengakomodasian daftar prioritas kegiatan pembangunan hasil usulan Musrenbang Kecamatan Tahun 2018 ke dalam Rancangan Renja Tahun 2019 dari tiap-tiap PD.

 Adapun yang menjadi tujuan spesifik dari penyelenggaraan Gabungan Forum PD Tahun 2018 selengkapnya adalah sebagai berikut :
1. Menyelaraskan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi PD berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di Kecamatan;
2. Menyelaraskan program dan kegiatan antar PD (Gabungan Forum PD) dalam rangka sinergi pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai tugas dan fungsi PD;
3. Menajamkan indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi PD;
4. Menetapkan prioritas usulan program dan kegiatan pembangunan daerah yang akan dimuat dalam Renja PD; serta
5. Mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaiatan dengan fungsi PD, terutama untuk mendukung terlaksananya Renja PD.

Agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif, maka penyelenggaraan Gabungan Forum PD Kabupaten Semarang Tahun 2018 dibagi menjadi 4 (empat) bidang perumpunan yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 28 Februari 2018 dengan mekanisme sebagai berikut :
1. Gabungan Forum PD Rumpun Bidang Pemerintahan, dilaksanakan dengan bertempat di Aula/Ruang Rapat Lantai II Gedung Dharma Satya Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang;
2. Gabungan Forum PD Rumpun Bidang Sosial, dilaksanakan dengan bertempat di Aula/Ruang Rapat Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang;
3. Gabungan Forum PD Bidang Ekonomi, dilaksanakan dengan bertempat di Aula/Ruang Rapat Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang; serta
4. Gabungan Forum PD Bidang Prasarana Wilayah, dilaksanakan dengan bertempat di Aula/Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang.

Hadir sebagai peserta dalam Gabungan Forum PD Kabupaten Semarang Tahun 2018 antara lain adalah perwakilan/delegasi PD  kabupaten  yang  tergabung dalam Rumpun tiap-tiap Bidang, perwakilan/delegasi PD kecamatan, perwakilan/delegasi dari hasil musrenbang kecamatan, perwakilan/delegasi dari LSM/Organisasi Non Pemerintah, perwakilan/delegasi dari Organisasi Profesi serta perwakilan/delegasi dari sejumlah unsur stakeholders terkait lainnya.

Berdasarkan hasil diskusi dalam Gabungan Forum PD Kabupaten Semarang Tahun 2018, dapat dihasilkan keluaran/output berupa rumusan naskah berita acara hasil Gabungan Forum PD yang dilampiri dengan 4 (empat) komponen berkas sebagai berikut :
1. Program dan kegiatan prioritas, dan indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan, yang telah diselaraskan dengan usulan kegiatan prioritas dari Musrenbang Kecamatan;
2. Rancangan Renja PD Rumpun tiap-tiap Bidang Kabupaten Semarang Tahun 2019;
3. Daftar usulan program dan kegiatan lintas PD dan lintas wilayah.

Guna memberikan kesempatan bagi segenap PD dalam menyempurnakan berkas-berkas pendukung lampiran berita acara hasil Gabungan Forum PD Kabupaten Semarang Tahun 2018 untuk tiap-tiap Rumpun Bidang, maka diberikan tenggat waktu bagi masing-masing PD untuk dapat mengumpulkan berkas pendukung sebagaimana dimaksud selambat-lambatnya pada tanggal 5 Maret 2018.