BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

KABUPATEN SEMARANG MEMILIKI DEWAN RISET DAERAH (DRD)

 

Pelantikan DRD01  Pelantikan DRD02 
 Pelantikan DRD03  Pelantikan DRD04

Pembentukan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Semarang muncul tahun 2017, didahului oleh pemikiran-pemikiran yang komprehensif. Ide bermula dari sebuah amanat yang secara normatif ada dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek. Atas dasar itulah memberanikan diri mengundang para pakar yang dikenal dan diketahui tinggal di Kabupaten Semarang maupun yang bekerja di Kabupaten Semarang. DRD sebagai lembaga non struktural dan bersifat independen, diharapkan mampu membantu pemerintah daerah bidang pengembangan dan penerapan Iptek.

Pengukuhan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Semarang dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang oleh Wakil Bupati Semarang Bapak Ngesti Nugraha, SH. Dalam sambutannya beliau berharap DRD Kabupaten Semarang benar-benar menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Semarang dan mitra bagi semua untuk menumbuhkembangkan potensi dan unggulan yang ada di Kabupaten Semarang demi tercapainya masyarakat yang maju mandiri, tertib dan sejahtera.

Dalam sambutannya setelah dikukuhkan, Prof. Dr. Yusriyadi, SH, MS sebagai Ketua DRD Kabupaten Semarang menyampaikan bahwa sebagai lembaga non struktural DRD memiliki tugas yang sangat mulia untuk memberikan saran dan masukan terhadap Pemerintah Kabupaten Semarang berdasarkan Iptek, untuk mendorong terciptanya kondusifitas daerah dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Semarang. Semangat tersebut sesuai dengan ungkapan Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang Ir. Anang Dwinanta, MM pada saat menyampaikan laporan, bahwa selama proses pembentukan DRD sejak bulan Oktober 2017 anggota DRD mempunyai semangat “Dimana Bumi Dipijak Disitulah Langit Dijunjung”.

Dengan adanya DRD, perangkat daerah dan pihak-pihak lainnya dapat memanfaatkan untuk sharing saran dan masukan terkait upaya penyelesaian masalah.