BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

SARASEHAN / SEMINAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

Seminar Renbang01

Dalam rangka mewujudkan kesamaan persepsi dan membangun komitmen bersama dari segenap perangkat daerah guna mendukung keberhasilan penjabaran dokumen perencanaan baik 5 tahunan (RPJMD) maupun tahunan (RKPD) menjadi rencana strategis dan rencana kerja Perangkat Daerah, Barenlitbangda Kabupaten Semarang menyelenggarakan Sarasehan/Seminar Perencanaan Pembangunan Daerah bertemakan : “PENINGKATAN KUALITAS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG” yang telah dilaksanakan  pada Hari Selasa, 31 Oktober 2017 dengan bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Jl. Ahmad Yani No.59 Ungaran.

Hadir sebagai peserta dalam penyelenggaraan Sarasehan/Seminar tersebut adalah seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Semarang yang didampingi oleh Kasubag Perencanaan. Disamping itu hadir pula sebagai peserta Sarasehan/Seminar adalah para Lurah dan Ketua Paguyuban Kepala Desa di Kabupaten Semarang.

Acara Sarasehan/Seminar Peningkatan Kualitas Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Semarang diawali dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan Sarasehan/Seminar oleh Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang, Bapak Ir. ANANG DWINANTA, MM. Dalam laporannya Beliau menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya acara Sarasehan /Seminar sebagai berikut:
1.Meningkatkan Komitmen dan Kapasitas Perangkat Daerah dalam menyusun Perencanaan Pembangunan Daerah;
2.Menyamakan persepsi dalam mengimplementasikan regulasi yang mengatur tentang perencanaan pembangunan daerah ke  dalam penyusunan dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah;
3.Meningkatkan inovasi dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah sehingga diharapkan dapat menghasilkan sebuah perencanaan yang berkualitas, dapat menjawab isu strategis daerah, selaras dengan arah kebijakan pembangunan nasional dan provinsi, berkelanjutan; serta
4.Persiapan penyusunan RKPD 2019 yang sudah harus dilaksanakan pada bulan bulan Desember 2017 ini.

Seminar Renbang02

Seminar Renbang03  Seminar Renbang04 

 

Kegiatan Sarasehan/Seminar selanjutnya dibuka oleh Bapak Bupati Semarang, Bapak dr. MUNDJIRIN, E.S., Sp.OG. Dalam sambutannya, Beliau memberikan sejumlah arahan kepada segenap peserta yang hadir, dengan poin-poin arahan sebagai berikut :
1.Penyusunan perencanaan agar sesuai dengan kebutuhan, terutama untuk kegiatan-kegiatan yang besar (spektakuler);
2.Penyusunan perencanaan disesuaikan dengan kebutuhan konseptual;
3.Penggunaan dana Desa ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan dan penanganan kemiskinan di desa;
4.Program dan kegiatan pasca panen agar menjadi perhatian dalam penyusunan perencanaan ke depan;
5.Preventif dan hindari pelanggaran hukum dalam pengimplementasian kegiatan-kegiatan pada Perangkat Daerah;
6.Target-target yang ditetapkan agar mendukung target-target yang ditetapkan oleh pemerintah Provinsi Jateng;
7.Tidak kalah penting program dan kegiatan harus sesuai dengan tupoksinya;
8.Keselarasan antara kegiatan dan target yang akan dicapai yang tertuang dalam Renstra (Perangkat Daerah) dan RKPD (daerah) yang didalamnya ada pembiayaan untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan daerah.

Guna memperluas wawasan dan khasanah para peserta, maka dalam penyelenggaraan Sarasehan/Seminar dihadirkan narasumber yang berasal dari instansi sebagai berikut :
1.Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi, & Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/ BAPPENAS yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Sistem dan Prosedur Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Bapak INDRA WISAKSONO, SE MPP. yang didampingi oleh Tenaga Ahli/Praktisi Penelaah dokumen RPJMD, Bapak FIRREAN SUPRAPTO, S.AP., M.Ed.
Dalam materinya Beliau menyampaikan paparan tentang Strategi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Nasional dengan Perencanaan Pembangunan Daerah.
2.BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Fungsional Perencana Madya, Bapak MUJI PURNOMO, SE M.Si.
Dalam materinya Beliau menyampaikan paparan tentang Best Practice Penyelarasan Antara Dokumen Perencanaan Daerah Dengan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah.

Pasca penyampaian materi oleh para narasumber acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Berdasarkan hasil diskusi dalam kegiatan Sarasehan/Seminar, maka diperoleh sejumlah kesimpulan sebagai berikut :
1.Dalam menyusun perencanaan, hendaknya tidak hanya sekedar berfokus pada pemenuhan tahapan alur prosesnya saja. Tetapi yang lebih penting adalah lebih ditekankan pada isi dari perencanan dalam mencapai tujuan;
2.Sinkronisasi program antara Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pusat bukan berarti diterjemahkan harus sama/letter lag ditiap-tiap tingkatan pemerintahan, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap tingkatan pemerintahan dan lebih bersifat saling mendukung/sinergis satu sama lainnya;
3.Perencanaan harus kreatif dan inovatif untuk dapat meraih ANUGRAH PANGRIPTA NUSANTARA;
4.Investasi pemerintah daerah hendaknya tidak hanya berfokus pada belanja modal/infrastruktur saja, namun lebih bersifat kontekstual disesuaikan dengan tupoksi tiap-tiap Perangkat Daerah;
5.Dalam merencanakan agar jangan hanya berpatokan pada ketersediaan anggaran pemerintah saja, melainkan harus juga mempertimbangkan dukungan potensial sumber daya lain diluar anggaran pemerintah;
6.Apabila dalam perjalanannya terdapat substansi RPJMD yang dinilai sudah kurang/tidak relevan lagi perkembangan kekinian, maka penyesuaiannya cukup dituangkan dalam RKPD, dan tidak perlu merubah RPJMD;
7.Dalam mencapai tujuan dan sasaran pada Visi Misi yang termuat RPJMD, Perangkat Daerah wajib saling berkoordinasi.
8.Berdasarkan hasil penelaahan oleh Bappenas dapat diketahui bahwa dari sejumlah 6 (enam) misi pada RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021, setidaknya hanya terdapat 2 (dua) misi yang secara langsung mendukung misi dalam RPJMN Tahun 2014-2019, yaitu Misi ke-4 dan ke-5 RPJMD.