BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

MUSRENBANG KABUPATEN SEMARANG 2017 HARI KE-2

DISKUSI KELOMPOK BIDANG EKONOMI

Diskusi kelompok bidang ekonomi Musrenbang Kabupaten Semarang Tahun 2017 dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Maret 2017 bertempat di Aula Lt. II Badan Perencanan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Semarang. Acara dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan (Heru Purwantoro, S.Sos., MM), Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang (Drs. Gunawan Wibisono, MM), Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang (Ir. Yusuf Ismail, MT), Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Badan Keuangan Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, KTNA, Para Ketua Klaster, Tokoh Masyarakat/Agama, sertan Perwakilan Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang menyampaikan bahwa bidang ekonomi sangat strategis, banyak program unggulan Bupati tentang Pembangunan Intanpari yang tertuang dalam RPJMD untuk dilaksanakan di tahun 2018. Di bidang industri yang merupakan penyumbang terbesar PDRB hendaknya mengedepankan sumberdaya lokal “one village one product”. Bidang Pariwisata, perlu dikembangkan cendera mata yang khas dalam rangka mengembangkan industri kecil/menengah. Pembangunan wisata Gedong Songo harus tuntas sebagai tujuan wisata unggulan, disamping penataan kawasan Bandungan. Bidang Pertanian, untuk lebih difokuskan pada pembinaan klaster-klaster, terutama produk-produk yang mengarah pada kedaulatan pangan. Mengakhiri sambutannya, disampaikan bahwa pembangunan harus sinergi antar sektor, baik sarana prasarana, kondisi keamanan dan ketertiban maupun kelembagaannya.

Sambutan Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang lebih menekankan pada keselararan usulan masyarakat, pokok-pokok pikaran DPRD dan program di setiap Perangkat Daerat yang harus di entry lewat aplikasi Simpeda. Untuk hibah/bansos segera masuk proposalnya ditujukan ke Bupati dengan tembusan ke Barenlitbangda. Aplikasi Simpeda akan dibuka dalam satu minggu ini untuk memasukkan (entry) usulan yang belum masuk dan merupakan program unggulan Bupati.

Narasumber dalam acara tersebut adalah Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan yang menyampaikan materi tentang Agenda Pembangunan 2018 dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2018, sedangkan sebagai moderator adalah Kepala Bidang Ekonomi dan Prasarana Wilayah (Dra. Agustina Rudati P., Msi).

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab atas usulan dan pertanyaan dari para peserta, dan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Kesepakatan Musrenbang RKPD 2018 oleh pihak-pihak terkait.

 

[ Lihat Galeri Musrenbang Kabupaten Semarang 2017 Hari Kedua Bidang Ekonomi ]