BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

RAKOR EVALUASI AKSI-PPK TAHUN 2015 DAN PENYUSUNAN RAD-PPK TAHUN 2016

Dokumentasi Rakor PPK3008016

Pada hari Selasa, tanggal 30 Agustus 2016, bertempat di Ruang Rapat II Gedung A Lantai-2 Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Semarang telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah (Aksi-PPK Pemda) Kabupaten Semarang untuk membahas Evaluasi Capaian Kinerja Pelaksanaan Aksi-PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2015 dan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2016.

Bertindak sebagai Pimpinan Rapat adalah Asisten Bidang Pemerintahan (Asisten I) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang, Bapak Moch. Riyanto, SE., MM., yang bertugas selaku Pelaksana Harian (Plh.) Tim Koordinasi Aksi-PPK Pemda Kabupaten Semarang dengan didampingi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Semarang, Bapak Ir. Yusuf Ismail, MT., yang bertugas selaku Sekretaris Tim Koordinasi Aksi-PPK Pemda Kabupaten Semarang dan sekaligus juga sebagai Koordinator Penyusunan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang.

Hadir sebagai peserta Rapat adalah para anggota Tim Koordinasi Aksi-PPK dan para anggota Tim Penyusun RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang. Disamping itu dalam rapat turut hadir pula para perwakilan SKPD Kabupaten Semarang dari unsur Setda, Sekretariat DPRD, Badan, Inspektorat, Dinas, RSUD dan Kantor. 

Secara umum maksud dan tujuan pelaksanaan Rapat adalah difokuskan untuk membahas 4 (empat) agenda pokok, yaitu :

1. Menyampaikan poin-poin Kerangka Strategi Nasional  Aksi-PPK;
2. Menyampaikan hasil evaluasi capaian kinerja pelaksanaan Aksi-PPK Pemda Kab. Semarang Tahun 2015;
3. Menyepakati dan menyamakan persepsi atas draft rancangan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2016;
4. Menyamakan  persepsi terhadap hal – hal yang perlu dipersiapkan oleh SKPD untuk mendukung pelaksanaan Aksi-PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2016.

Dalam pemaparannya, Asisten I menyampaikan bahwa hasil evaluasi capaian Aksi PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2015 secara umum dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari nilai skor akhir yang mencapai 90 atau dengan kata lain berpredikat memuaskan. Namun demikian hasil tersebut dirasa masih belum optimal dikarenakan dari enam aksi yang dilaksanakan ditahun 2015, terdapat satu aksi yang hasil capaiannya masih belum memuaskan, yaitu Aksi Pembentukan dan Penguatan Tugas Pokok dan Fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan Pembantu.

Atas hasil tersebut, disampaikan apresiasi kepada segenap SKPD dan unsur Tim yang telah berhasil mengawal tugas sesuai bidang kewenangannya sehingga dapat menghasilkan kinerja pelaksanaan Aksi-PPK dengan predikat memuaskan. Adapun bagi segenap SKPD dan unsur Tim yang belum maksimal dalam mengawal tugas sesuai bidang kewenangannya diharap dapat berkomitmen dan bekerja lebih baik lagi agar dapat menghasilkan kinerja pelaksanaan Aksi-PPK dengan predikat memuaskan.

Terkait dengan penyusunan Rancangan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2016 sampai dengan saat ini masih terkendala karena belum memiliki kepastian payung hukum yang jelas. Hal ini diakibatkan belum terbitnya Inpres tentang Aksi PPK Tahun 2016 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri yang mengatur tentang Pedoman Penyusunan dan Pelaporan Aksi PPK Pemda Tahun 2016. Adapun dalam mengatasi kendala tersebut, maka penyusunan Rancangan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang tahun 2016 untuk sementara ini dilakukan dengan mengacu pada Inpres tahun sebelumnya dan Draft Final Inpres tentang Aksi PPK Tahun 2016-2017 yang materinya diperoleh dari Bappenas.

Untuk menyempurnakan Rancangan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang tahun 2016, maka dalam rapat dilakukan pencermatan atas hasil penyusunan Rancangan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2016 yang dilakukan oleh segenap peserta dengan dipandu oleh Tim Penyusun RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2016. Berdasarkan hasil pencermatan oleh segenap peserta, diperoleh sejumlah masukan dan saran guna penyempurnaan substansi dalam Rancangan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang Tahun 2016.

Adapun guna menindaklanjuti hasil rapat, maka forum merekomendasikan kepada Bappeda, yang bertugas sebagai leading sector penyusunan RAD-PPK Pemda ditingkat Kabupaten Semarang, untuk mengkonsultasikan hasil penyusunan Rancangan RAD-PPK Pemda Kabupaten Semarang tahun 2016 tersebut kepada Bappenas sebagai instansi pengampu (leading sector) Aksi PPK ditingkat nasional dan atau kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai instansi yang menjadi koordinator Aksi PPK Pemda ditingkat nasional.
[Elbee Shareev].